5 Hal Yang Harus Kamu Coba Saat Berwisata ke Pulau Putri di Kepulauan Seribu
5 Hal Yang Harus Kamu Coba Saat Berwisata ke Pulau Putri di Kepulauan Seribu

5 Hal di Bawah Ini Harus Kamu Coba Saat Berwisata ke Pulau Putri di Kepulauan Seribu

Tak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati wisata alam berupa pulau yang dikelilingi lautan dengan panorama nan indah serta resort-resort memadai di sekitarnya. Di Indonesia pun ada. Salah satu objek wisata pulau yang sangat menarik di Indonesia adalah Pulau Putri di Kepualauan Seribu. Karena letaknya yang tak terlalu jauh dari kota Jakarta, pulau ini menjadi sangat familier di kalangan warga Jakarta.

Letak dan Sejarah Pulau Putri

Kawasan kepulauan seribu terdiri atas banyak sekali pulau-pulau kecil di sekitarnya dengan jarak yang cukup berdekatan antar satu pulau dengan pulau lainnya. Beberapa pulau di Kepulauan Seribu telah dikelola dengan baik oleh pihak swasta dan dijadikan objek wisata berkelas. Salah satu yang paling terkenal adalah Pulau Putri.

Pulau Putri terletak di sebelah utara Kepulauan Seribu atau sekitar 68 km dari perairan Jakarta. Pulau yang cukup berdekatan dengan Pulau Bulat dan Pulau Perak ini pertama kali diresmikan tahun 1973. Saat itu belum banyak yang tahu tentang Pulau Putri karena memang belum terbuka untuk umum. Jadi hanya sebatas pulau kosong yang di dalamnya hanya ditumbuhi hutan saja. Namun, pihak pengelola merasa Pulau Purtri ini sangat berpotensi mendatangkan wisatawan, maka mulailah lahan seluas 8 hektare itu digarap menjadi sebuah objek wisata.

Setelah pembangunan resort-resort rampung dan fasilitas di dalamnya dirasa sudah cukup memadai untuk menjamu wisatawan lokal dan mancanegara, barulah pada tahun 1992 pulau ini sah dibuka untuk umum. Namun pasca dibuka, pembangunan tidak berhenti sampai di situ. Seiring berjalan waktu pengelola terus menambahkan fasilitas-fasilitas baru untuk menambah kepuasan wisatawan.

Dari berbagai upaya yang telah dilakukan, pemerintah DKI Jakarta menghadiahi penghargaan Adikarya Wisata pada tahun 2001 silam untuk Cottage Pulau Putri.

Kegiatan-kegiatan Seru di Pulau Putri

Wisata pulau identik dengan wisata air. Ada banyak kegiatan seru yang bisa Anda lakukan dan temukan di sini. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin belum pernah ada di pulau-pulau lainnya. Penasaran apa saja itu? Berikut bocorannya.

  1. Undersea Tunel Aquarium

Salah satu wahana yang menjadi ico Pulau Putri adalah Undersea Tunel Aquarium. Wahana ini berupa akuarium berbentuk terowongan sepanjang 15 meter yang dibuat pada kedalaman 5 meter di bawah permukaan laut. Konsepnya memang hampir mirip dengan akuarium seaworld Dufan yang ada di Jakarta. Karena itu, dikenal juga dengan istilah mini seaworld. Hanya saja perbedaannya, Tunel Aquarium aquarium benar-benar berada di laut lepas.

Undersea Tunel Aquarium

Keunikan tunel aquarium berhasil memikat sebagian besar pengunjung Pulau Putri. Bagaimana tidak? Di akuarium ini Anda bisa menyaksikan keindahan alam bawah laut tanpa harus menyelam. Dari balik kaca pelindung yang aman dari benturan keras,  tampak berbagai macam ikan berenang-renang, terumbu karang, serta berbagai biota laut dengan sangat jelas.

Akses menuju Tunel Aquarium ada di arah dermaga utama. Pintu masuknya berada di samping restoran apung. Asyiknya lagi masuk ke wahana ini sama sekali tidak dikenakan biaya alias gratis!

  1. Glass Bottom Boat

Ada lagi yang tak kalah seru dari undersea tunel aquarium, yakni glass bottom boat. Kalau di tunel akuarium Anda dapat menyaksikan alam bawah laut dengan berjalan kaki, dengan glass bottom boat Anda diajak berkeliling menyusuri dasar laut dengan menggunakan sebuah kapal khusus.

kapal boat ke pulau putri

Kapal ini dilengkapi dengan ruangan bawah yang sekelilingnya dilapisi kaca tebal yang aman dari benturan. Di dalam kabin mampu menampung penumpang hinggal 16 orang. Kapal ini akan membawa penumpang berkeliling lautan yang masih termasuk dalam batas-batas Pulau Putri selama 15 menit. Cukup berada di dalam kabin, penumpang dapat menyaksikan keindahan alam bawah laut yang memukau persis yang dilakukan oleh penyelam. Bedanya, dengan kapal ini Anda tidak perlu berbasah-basah dan menggunakan perlengkapan menyelam.

Sama seperti Tunel Aquarium, glass bottom boat juga tidak dipungut biaya. Namun, Anda perlu mengantri dengan para wisatawan lain. Kalau ingin dapat kesempatan lebih dulu, sebelum pukul 7 pagi Anda harus sudah ready di sekitar kapal. Sebab, kapal ini mulai beroperasi dari pukul 7 pagi hingga 12 siang setiap harinya.

  1. Sunset Cruise

Tidak lengkap rasanya liburan ke pulau tanpa menyaksikan indahnya matahari terbenam (sunset). Umumnya, orang-orang menyaksikan sunset dari bibir pantai. Tapi di Pulau Putri, Anda dapat merasakan pengalaman berbeda dengan menyaksikan sunset dari atas kapal pesiar sembari berkeliling pulau saat menjelang senja.

Para wisatawan akan diajak mengarungi lautan menuju beberapa pulau di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Perak dan Pulau Bulat, selama ± 1 jam. Walau kegiatan ini tidak dipungut bayaran alias gratis, namun sayangnya sunset cruise tidak diadakan setiap hari. Wisatawan hanya bisa menikmatinya pada sore akhir pekan. Bersiaplah di dermaga utama sebelum pukul 5 sore agar Anda dapat tempat.

  1. Snorkeling dan Diving
snorkeling di pulau putri

Bagi wisatawan yang hobi menyelam atau ingin bersentuhan langsung dengan kehidupan di bawah laut, snorkeling dan diving adalah pilihan yang tepat. Tak perlu repot membawa alat dari rumah, pihak pengelola resort telah menyediakan perlengkapan snorkeling dan diving yang komplit. Termasuk guide yang akan memandu Anda selama menyelam.

  1. Banana Boat dan Jetski

Banana boat dan jetski sangat cocok untuk Anda yang menyukai olah raga air menantang. Lawan Anda tentu saja ombak. Tapi tenang, ombak di pantai Pulau Putri tergolong cukup bersahabat.

Akomodasi

Wisatawan yang ingin menginap tak perlu merisaukan soal akomodasi. Sedikitnya ada 71 cottage sangat layak huni yang dilengkapi dengan fasilitas twin bed, AC, cool and hot water shower, TV kabel, kulkas, serta private terrace. Dari 71 cottage, beberapa di antaranya ada yang dibangun di atas laut.

foto cottage di pulau putri

Lingkungan sekitarnya cottage pun aman, asri, dan bersih. Setiap beberapa jam sekali akan ada petugas kebersihan yang datang membersihkan halaman.

Pilihan Paket

Ada banyak travel agent yang menyediakan paket Pulau Putri murah. Open trip Pulau Putri ini tersedia dalam beberapa pilihan yang dapat disesuaikan dengan keinginan wisatawan, yakni:

  • Paket one day trip Pulau Putri. Paket ini diperuntukkan bagi wisatawan yang hanya ingin seharian saja di Pulau Putri.
  • Paket Pulau Putri 2 hari 1 malam.
  • Paket Pulau Putri 3 hari 2 malam.

*Dua paket terakhir khusus untuk wistawan yang ingin mengeksplore pulau ini lebih banyak lagi. Baik untuk menikmati keseruan di siang hari maupun malam.

Sekiranya Anda tertarik berwisata ke Pulau Putri, silakan klik https://paradisotraveling.com/ untuk mendapatkan harga dan service yang lebih memuaskan. Ddijamin liburan Anda akan lebih berkesan menggunakan layanan perjalanan wisata dari kami.

Transportasi

Transportasi yang digunakan untuk mencapai Pulau Putri ialah speedboat. Wisatawan yang ingin ke sana, harus berkumpul di dermaga Marina Ancol. Perjalanan dimulai setiap pukul 8 pagi dengan rute Dermaga Marina-Pulau Putri. Sedangkan jadwal kepulangan dilakukan setiap pukul 2 siang. Lama perjalanan menyeberang lautan hanya berkisar 90-100 menit saja.

Demikian informasi dari kami mengenai objek wisata Pulau Putri, Kepulauan Seribu. Selagi ada kesempatan dan budget mencukupi, sayang jika melewatkannya begitu saja.

Comments

Leave a Reply