Ini Dia Daya Tarik Pulau Pari, Pulau Berbentuk Ikan Pari!
wisata pulau pari kepulauan seribu jakarta

PULAU PARI – Menghabiskan liburan di tempat-tempat yang indah dan memesona memang menjadi dambaan setiap orang. Keindahan yang disajikan oleh tempat-tempat wisata tersebut dapat menjadi obat untuk menghilangkan lelah, penat, dan stres karena padatnya aktivitas sehari-hari. Maka tidak heran, liburan menjadi saat yang dinantikan oleh semua orang.

Terkadang, menentukan tempat wisata untuk menghabiskan liburan cukup membingungkan karena setiap tempat wisata memiliki keindahan dan keunggulan tersendiri. Sebagai salah satu alternatif tempat wisata, cobalah berlibur di Kepulauan Seribu. Kepulauan Seribu menjadi tempat wisata yang tergolong dekat karena termasuk ke dalam wilayah Provinsi DKI Jakarta dan memiliki beberapa pulau kecil yang memesona, seperti Pulau Pari.

Letak dan Kondisi Geografis Pulau Pari

Secara administratif, pulau kecil yang menjadi salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu ini masuk ke dalam wilayah Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu selatan, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta. Kelurahan Pulau Pari sendiri memiliki 4 pulau kecil, yaitu Pulau Burung, Pulau Kongsi, Pulau Tengah, dan Pulau Tikus. Letak pulau ini berdekatan dengan Pulau Lancang, Pulau Pramuka, Pulau Rambut, dan Pulau Tidung.

Pemberian nama Pulau Pari berdasarkan bentuk pulau ini yang menyerupai bentuk ikan pari jika dilihat atau difoto dari atas. Dahulu, pulau ini adalah pulau tidak berpenghuni dan hanya menjadi tempat mencari ikan oleh para nelayan dari Pulau Tidung.

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta No. 6 Tahun 1999 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah, pulau ini digunakan sebagai pemukiman penduduk. Tetapi saat ini, tidak hanya sebagai pemukiman penduduk, pulau ini juga digunakan sebagai tempat wisata. Berdasarkan kegunaannya, wilayah pulau ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu wilayah untuk wisata dan pemukiman, wilayah untuk penelitian, serta wilayah untuk konservasi tumbuhan mangrove.

Kependudukan

Penduduk di pulau ini terdiri atas berbagai suku, seperti Betawi, Bima, Bugis, Jawa, dan Sunda, yang mayoritas memeluk agama Islam. Maka tidak heran jika kehidupan sosial dan budaya di pulau ini banyak mengandung unsur islami.

Sebagian besar penduduk di pulau ini bermatapencarian sebagai nelayan dan pembudidaya rumput laut. Tetapi sejak budidaya rumput laut mengalami penurunan tajam, penduduk mulai banyak yang beralih profesi, seperti menjadi buruh, pedagang, PNS, dan wirausaha. Setiap akhir pekan atau musim liburan, penduduk di pulau ini banyak yang meninggalkan pekerjaan utamanya dan beralih profesi menjadi tour guide sehingga perekonomian penduduknya mulai bangkit.

Transportasi yang dapat Digunakan

pulau pari - transportasi ke pulau pari
transportasi pulau pari via kaliadem muara angke

Sama dengan alat transportasi ke pulau-pulau lainnya di Kepulauan Seribu, wisatawan yang ingin menghabiskan liburan di pulau ini dapat menggunakan dua alat transportasi. Pertama, wisatawan dapat menggunakan kapal bermotor yang berangkat dari Dermaga Kali Adem dan dari Pelabuhan Muara Angke yang letaknya berdekatan. Kedua, wisatawan dapat menggunakan kapal cepat yang berangkat dari Dermaga Pantai Marina, Ancol.

Daya Tarik Wisata

pulau pari kepulauan seribu jakarta
pulau pari kepulauan seribu jakarta

Setiap pulau yang ada di Kepulauan Seribu memiliki daya tarik untuk menumbuhkan minat para wisatawan berlibur. Begitu pula dengan pulau berbentuk menyerupai ikan pari ini. Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang membuat wisatawan betah di pulau ini.

Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan menjadi daya tarik unggulan di pulau ini. di sini, wisatawan dapat bersantai melepas penat dan menikmati berbagai fasilitas, seperti saung, warung-warung makan yang menjual aneka makanan dan minuman, lapangan voli, toilet, dan musala. Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini, wisatawan akan dikenakan biaya masuk yang hasilnya akan digunakan untuk biaya perawatan, pengembangan, dan kebersihan pantai.

Pemberian nama pantai ini memang cukup unik. Menurut penduduk setempat, ada dua versi pemberian nama pantai ini. Pertama, karena dahulu, pantai ini memiliki pasir yang putih bersih seperti pasir yang tidak pernah terjamah oleh orang. Kedua, berdasarkan cerita yang beredar.

Konon dahulu, ada seorang pemuda dan seorang pemudi yang menjalin kasih. Suatu hari, Sang Pemuda ingin menangkap ikan dan Sang Pemudi mengantarkannya hingga ke tempat bersandarnya kapal yang akan digunakan oleh Sang Pemuda. Sang Pemuda berjanji untuk segera kembali dan Sang Pemudi berjanji untuk setia menunggu kedatangan Sang Pemuda.

Ternyata, Sang Pemuda tidak pernah kembali dan Sang Pemudi tetap setia menunggu hingga ajal menjemputnya. Karena itulah, pantai ini diberi nama Pantai Pasir Perawan.

Pantai LIPI

Di pulau ini, ada sebuah pantai yang digunakan oleh pihak Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia (LIPI) sebagai pusat penelitian serta penangkaran hewan dan tumbuhan laut. Pantai yang dipenuhi dengan bintang laut ini memiliki pantai yang landai. Meskipun letaknya cukup jauh dari pemukiman penduduk, wisatawan yang menjelajahi pantai ini dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan, mulai dari penginapan, lapangan futsal, hingga ayunan yang dipasang di antara dua pohon.

Bukit Matahari

pulau pari - foto bukit matahari pulau pari
foto bukit matahari pulau pari

Sesuai dengan namanya, di sini, wisatawan dapat menikmati indahnya sunrise dan sunset dengan latar belakang gradasi warna langit yang sangat memesona. Pada malam hari, wisatawan dapat menikmati sinar rembulan sambil membuat BBQ. Di dermaga ini, juga tersedia beberapa fasilitas, seperti penginapan, rumah makan, musala, dan toilet.

Pantai Pasir Kresek

Pantai ini sering dipanjangkan menjadi Pantai Pasir Keren dan Seksi oleh penduduk setempat. Pantai Pasir Kresek memiliki pasir putih yang kecokelatan serta ditumbuhi oleh pohon pinus dan pohon kelapa. Sama seperti Pantai Pasir Perawan, wisatawan yang ingin menjelajahi pantai ini dikenakan biaya masuk yang hasilnya akan digunakan untuk memelihara kebersihan pantai.

Di sini, terdapat penangkaran biota laut, seperti bintang laut, bulu babi, ikan pari, dan penyu, yang dikelola oleh penduduk setempat. Maka tidak heran, bentuk penangkarannya tidak seperti bentuk penangkaran pada umumnya. Bentuk penangkaran di sini lebih menyerupai keramba yang ada di sungai-sungai.

Hutan Mangrove

Hutan mangrove yang ada di pulau ini terbentuk secara alami dan dikelola oleh penduduk setempat. Berdasarkan penelitian, ada 4 jenis mangrove di pulau ini, yaitu Sonerratia alba (Sa), Rhizopora stylosa (Rs), Rhizopora mucronata (Rm), dan Rhizopora apiculata (Ra). Ada 3 terowongan yang dapat dilalui dengan bentuk berbeda yang membuat wisatawan seperti berada di tengah hutan mangrove dengan kerimbunan yang tebal.

Snorkeling

snorkeling di pulau pari
snorkeling di pulau pari

Snorkeling menjadi salah satu daya tarik di pulau ini yang tidak boleh dilewatkan karena memiliki pemandangan bawah laut yang sangat indah. Terumbu karang dengan berbagai genus seperti Acropora, Ctenactis, Leptoseris, Goniastrea, Sandalolitha, Astreopora, Fungia, Montastrea, Lobophyllia, Echinopora, Montipora, Favia, Platygyra, Porites, Pectinia, dan Cyphastrea serta berbagai ikan kecil dengan berbagai warna siap menyambut wisatawan yang snorkeling.

Paket Wisata yang Ditawarkan

pulau pari tour travel agent terpercayaWisatawan yang berlibur ke pulau ini dapat menggunakan jasa travel perjalanan wisata. Jasa travel tersebut akan menawarkan beberapa paket wisata dengan harga yang beragam sesuai dengan fasilitas yang dipilih, seperti paket open trip Pulau Pari, paket one day trip Pulau Pari, paket Pulau Pari 2 hari 1 malam, paket Pulau Pari 3 hari 2 malam, dan paket Pulau Pari murah. Dengan paket-paket tersebut, wisatawan akan mendapatkan fasilitas berupa penginapan, makan, guide, transportasi, dan jalan-jalan ke tempat-tempat yang menjadi daya tarik pulau ini.

Penasaran dengan keindahan pulau berbentuk ikan pari ini? Silakan klik untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran menarik lainnya. Selamat berlibur ke Pulau Pari!

Comments

Leave a Reply