Pulau H Kepulauan Seribu
Menikmati Maladewa dengan Kearifan Lokal di Pulau H Kepulauan Seribu

Hampir semua orang tentu pernah mendengar nama Maldives, sebuah pulau eksotis nan mewah dengan tarif menginap semalam yang menghabiskan biaya sampai ratusan juta Rupiah. Banyak pasangan yang memilih untuk habiskan waktu mereka di pulau tersebut, sebab Maladewa memang sangat romantis. Tetapi bagi yang ingin menikmati suasana yang tak jauh berbeda, namun dengan bujet yang jauh lebih terjangkau dan tak terlalu jauh dari tempat tinggal, bisa mencoba untuk ikuti open trip Pulau H yang ada di sebelah Pulau Pari Kepulauan Seribu.

Menikmati Maladewa dengan Kearifan Lokal di Pulau H Kepulauan Seribu

Sebelumnya perkenalkan terlebih dahulu, yang satu ini merupakan private island yang nama asalnya adalah Pulau Tengah, posisinya ada di Kepulauan Seribu. Apabila kita berangkat dari dermaga Muara Angke, maka cukup dengan waktu tempuh selama kurang lebih  1 sampai 1,5 jam saja sudah tiba di pulau yang suasananya sangat tenang ini. Tak perlu masuk terlalu jauh untuk menemukan suasana nyaman dan tenang di tempat wisata terbaik di Pulau H ini, sebab saat sampai di dermaga H island nya saja kita sudah bisa melihat ‘surga’ yang tercecer di sini.

pulau h
pulau h

Sekelilingnya sepi, hanya ditemani deburan ombak pelan dan angin saja. Perairannya biru jernih, ombaknya tenang sekali dan dermaganya juga bersih betul. Kemudian banyak sekali villa-villa bagus yang berjejer di pinggiran pantai, menghadap ke laut dengan desain yang mewah kekinian. Hal lainnya yang membuat pulau ini terasa sekali sebagai pulau pribadinya adalah musik yang mengalun di hampir sepanjang pulau, ada speaker-speaker yang memutar lagu lembut untuk membuat suasana menjadi sangat nyaman dan menghipnotis.

Saat sampai di dermaga, kita bisa melihat sebuah batu hias dengan tulisan H Island. Batu itu rupanya merupakan simbol dari si pemilik pulau, yakni seorang pengusaha kaya raya yang bernama Hengky Setiawan. Konon pada saat itu ia membeli pulau ini di tahun 2012 untuk dirinya sendiri, lantas membangun banyak villa-villa bagus yang kemudian dijual kepada kolega-kolega terdekatnya, itulah kenapa hampir semua villa memiliki bentuk yang sama dan view-nya menghadap ke laut dengan fasilitas kelas atas. Karena memang tadinya untuk pribadi, sehingga dibuat semaksimal mungkin kenyamanannya.

Pulau ini tidak seberapa luas, hanya sepanjang 10 hektar dan memiliki 42 buah bangunan villa mewah dan setiap unitnya dijual sebesar 11 milyar per unitnya. Villa-villa mewah tersebut membutuhkan biaya perawatan per bulan sebesar sebelas juta lebih, termasuk listrik dan lain sebagainya. Pulau H bukan sekadar pulau dengan villa saja, tetapi ada banyak sekali bunga-bunga cantik yang beraneka macam warna mekar, mempercantik pulau bersama dengan pepohonan rindang yang membuat suasana menjadi semakin asri nan nyaman. Selain itu, penangkaran ikan hiu menjadi tempat wisata terbaik di Pulau H yang dibuat oleh pemilik pulau, maksudnya untuk membantu mencegah kepunahan hewan laut yang satu ini. Jumlah ikan hiu yang ada di dalam penangkaran kurang lebih 150 ekor. Sebuah tujuan wisata yang menyenangkan, bukan?

Jika mengikuti paket one day trip Pulau H dari Paradiso maka kita bisa menikmati waktu seharian penuh untuk berkeliling pulau dan melihat berbagai wisata andalan di pulau pribadi nan mewah yang satu ini. Hanya saja, memangnya cukup jika hanya satu hari saja berkeliling pulau dan menikmati hangat matahari dengan suasana sepi nan damai? Belum lagi mengunjungi penangkaran hiu, waktu tak akan cukup hanya satu hari. Maka karena itu, untuk yang ingin berlama-lama menjauhkan diri dari stres dan padatnya ibukota, boleh mengambil paket Pulau H 2 hari 1 malam bersama https://paradisotraveling.com/.

pulau h
h island

Kemudian membahas fasilitas wisata terbaik di Pulau H atau H Island, kita bisa melihat villa yang dibangun dengan nyaris sama yaitu memiliki kolam renang di halaman belakang villa dan menghadap ke laut, sudah ada built in speaker bagus di dalam villa, dan ada tiga kamar tidur. Villa mewah ini memiliki jendela-jendela lebar di dua sisinya dan bisa dibuka lebar-lebar untuk membiarkan udara pantai masuk. Untuk yang ingin karaoke juga disediakan fasilitasnya di tiap villa, cocok sekali untuk yang ingin bersama-sama teman atau keluarga besar kumpul bersama dan bersenang-senang. Ingin mengadakan party? Ada satu gedung serbaguna yang lumayan luas, cocok untuk resepsi pernikahan juga.

Jika ingin mengeksplorasi pulau dan beberapa pulau lain yang dekat dengan Pulau H ini maka kita harus mengikuti paket Pulau H 3 hari 2 malam. Lebih banyak waktu untuk menyewa jetski untuk mengeksplorasi lautnya, serta menikmati serunya bermain kano, perahu karet dan tentu saja snorkeling. Mau bermain Banana Boat pun tak usah jauh-jauh, disini kita bisa menikmatinya dengan leluasa.

Selain itu, disini juga bisa masak sepuasnya sesuai dengan selera masing-masing, jadi pastikan membawa bahan masakan sendiri supaya tak kerepotan mencari makanan nantinya. Tetapi kelak restoran pun akan dibuka disini untuk penyewa villa yang tak memasak, sehingga jauh lebih praktis dan tidak repot urusan makanan lagi. Tetapi jika mempercayakan trip bersama agen wisata, urusan makanan tentu bukan hal yang menyusahkan, bukan?

Bagaimana cara sampai ke pulau pribadi yang sepi ini? Kita bisa berangkat dari Pantai Mutiara menggunakan speedboat, yacht, atau menyewa kapal nelayan—pakai pesawat amfibi atau heli pribadi juga bisa, lho! Dan menelusuri Pulau Seribu selama satu jam kurang lebih, menikmati perjalanan air dengan suasana yang nyaman tentu tak akan membosankan.

pulau h kepulauan seribu jakarta
pulau h kepulauan seribu

Karena pulau H adalah pulau yang sunyi dan pengujungnya tidak seramai pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, maka kita bisa sepuasnya melakukan aktivitas disini, dari mulai berjemur, jalan-jalan di pantai dan berkeliling pulau, melihat penangkaran ikan hiu atau cuma sekadar duduk-duduk di balkon sembari meminum jus yang segar sambil menatap laut. Jangan lupa untuk selalu menyiapkan beberapa perlengkapan seperti  berikut ini.

  • Sesuaikan sunblock dengan kebutuhan kulit masing-masing, sebelum keluar villa pastikan mengaplikasikan sunblock ke seluruh tubuh secara merata supaya kulit tidak gosong kena sinar matahari. Jangan lupa untuk diaplikasikan ulang setiap setengah jam sekali, ya!
  • Topi lebar. Yang satu ini juga harus dimiliki jika ingin berjalan-jalan, fungsinya sudah tentu untuk melindungi kepala dari sengatan matahari yang berlebihan. Selain itu rambut juga akan terjaga dari overheat sinar matahari yang membuat rambut jadi kering dan rusak.
  • Kacamata hitam. Untuk melindungi mata dari silau yang bisa merusak retina.
  • Air minum. Jangan sampai kekurangan air minum jika bepergian ke pantai, atau di pulau, sebab cuaca yang lebih panas pasti membuat kita kehilangan lebih banyak cairan.

FYI, biaya sewa villa dimulai dari 5000$ per dua malam dan semua itu worth it untuk yang ingin menyepi dan habiskan malam-malam romantis bersama pasangan dalam pulau pribadi yang elok nan mewah. Psst ada paket pulau H murah dari Paradiso Traveling juga lho! Segera booking sebelum full seat.