Siapa yang Dapat Menolak Rayuan Pulau Harapan?
Siapa yang Dapat Menolak Rayuan Pulau Harapan

Berlibur menjadi hal yang menyenangkan bagi setiap orang karena dapat meninggalkan rutinitas sejenak. Berlibur dijadikan ajang untuk melepas lelah, menghilangkan penat, dan menyegarkan pikiran dari aktivitas sehari-hari. Maka tidak heran saat berlibur, kita akan mendapatkan suasana baru, pengalaman baru, bahkan teman baru. Kita dapat memilih tempat berlibur yang jauh atau yang dekat sesuai dengan pertimbangan-pertimbangan dan kebutuhan. Jika ingin berlibur ke tempat yang dekat, cobalah berlibur ke Kepulauan Seribu. Kepulauan yang masuk ke dalam wilayah provinsi DKI Jakarta ini memiliki beberapa pulau kecil yang memesona, seperti Pulau Harapan.

Letak dan Kondisi Geografis

Wilayah salah satu pulau kecil yang berada di Kepulauan Seribu ini menjadi bagian dari Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS) dan terletak di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Sebelah utara, timur, selatan, dan barat pulau ini berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

peta kepulauan seribu jakarta

Kelurahan Pulau Harapan sendiri memiliki 30 pulau kecil, antara lain Pulau Belanda, Pulau Bulat, Pulau Bira Besar, Pulau Bira Kecil, Pulau Dua Timur, Pulau Gosong Laga, Pulau Gosong Laga Kecil, Pulau Harapan, Pulau Jagung, Pulau Kayuangin Utara, Pulau Kelapa Dua, Pulau Kotok, Pulau Macan, Pulau Macan Gundul, Pulau Pamegaran, Pulau Penjaliran Timur, Pulau Perak, Pulau Peteloran Timur, Pulau Putri Timur, Pulau Rengit, Pulau Sabira, Pulau Sebaru Besar, Pulau Sebaru Kecil, Pulau Semut Besar, Pulau Semut Kecil, Pulau Semut Sekampung, Pulau Sepa Barat atau Pulau Sepa Besar, Pulau Sepa Timur, Pulau Tondan Barat atau Pulau Pelangi, dan Pulau Tondan Kecil atau Pulau Tondan Timur atau Pulau Papatheo.

Pulau-pulau yang ada di kelurahan tersebut dibagi menjadi 4 bagian, yaitu pulau-pulau untuk pemukiman penduduk, seperti Pulau Harapan dan Pulau Sabira; pulau-pulau untuk resort dan wisata, seperti Pulau Pelangi, Pulau Putri Timur, dan Pulau Sepa Barat; pulau-pulau untuk cagar alam, seperti Pulau Dua Timur, Pulau Jagung, dan Pulau Rengit; serta pulau-pulau untuk zona perlindungan, seperti Pulau Belanda, Pulau Penjaliran Timur, dan Pulau Peteloran Timur.

Dahulu, pulau ini bernama Pulau Pelemparan karena menjadi pulau singgahan dari penduduk di sekitar pulau tersebut. Pada masa kepemimpinan Presiden Soeharto, nama Pulau Pelemparan diubah menjadi pulau yang kita kenal saat ini.

Alat Transportasi yang dapat Di gunakan

Untuk dapat menikmati keindahan alam pulau ini, kita dapat menggunakan tiga alat transportasi melalui tiga pelabuhan.

Pertama, kita dapat menggunakan kapal motor atau disebut juga kapal tradisional yang berangkat dari Pelabuhan Kronjo, Tangerang atau dari Pelabuhan Muara Baru (Kali Adem), Muara Angke, Jakarta. Jika menggunakan kapal tradisional, kita harus lebih berhati-hati karena untuk mencapai kapal yang dituju, kita harus melewati atau meloncati kapal-kapal yang berlabuh di kedua pelabuhan tersebut.

Kedua, kita dapat menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Marina, Ancol, Jakarta. Ada dua jenis kapal feri yang dioperasikan oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, yang diberi nama Transjakarta Kerapu dan Transjakarta Lumba-Lumba. Waktu tempuh Transjakarta Kerapu lebih cepat dibandingkan dengan Transjakarta Lumba-Lumba.

Ketiga, kita dapat menggunakan kapal cepat atau yang lebih dikenal dengan speedboat dari Pelabuhan Marina, Ancol, Jakarta. Dibandingkan dengan kapal tradisional dan kapal feri, biaya kapal cepat ini lebih mahal, tetapi waktu tempuhnya juga lebih cepat.

Daya Tarik

Setiap pulau yang ada di Kepulauan Seribu memiliki daya tarik tersendiri untuk menumbuhkan minat para wisatawan datang ke pulau-pulau tersebut. Begitu pula dengan pulau yang satu ini. Di sini, para wisatawan akan tersihir oleh daya tarik yang sangat memesona.

Snorkeling dan Scuba Diving

Sudah menjadi hal yang umum jika berlibur ke pantai, wisatawan akan melakukan snorkeling atau scuba diving. Pulau ini menyajikan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Wisatawan dapat melihat indahnya terumbu-terumbu karang dan berenang bersama dengan hewan-hewan laut.

Karena masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKS), terumbu-terumbu karang dan hewan-hewan laut di pulau ini sangat terjaga dan terawat. Maka tidak heran, pulau ini menjadi tempat snorkeling dan scuba diving yang sangat eksotis dan sangat indah. Wisatawan yang ingin melihat keindahan bawah laut dapat menyewa peralatan snorkeling atau scuba diving di tempat-tempat penyewaan.

Penangkaran Penyu Sisik, Penyu Hijau, dan Burung Elang

pulau harapan
penangkaran penyu pulau harapan

Di pulau ini, ada dua penangkaran hewan yang dapat dikunjungi, yaitu penangkaran penyu sisik dan penyu hijau di Pulau Kelapa Dua serta penangkaran burung elang di Pulau Kotok. Penyu dan burung elang termasuk hewan-hewan yang mulai terancam habitatnya. Untuk tetap menjaga kelestariannya, pemerintah setempat membuat penangkaran untuk kedua hewan tersebut.

Mercusuar Pulau Sebira

Salah satu daya tarik dan menjadi ikon di Pulau Harapan adalah mercusuar di Pulau Sebira yang sudah ada sejak zaman Belanda. Mercusuar dengan 11 tingkat ini menjadi satu-satunya mercusuar di Kepulauan Seribu. Pada zaman Belanda, mercusuar ini digunakan sebagai pemandu kapal dan sebagai penanda adanya daratan.

Mercusuar peninggalan Belanda ini berdiri kukuh di antara pepohonan dan rumah-rumah penduduk. Jika cuaca sedang cerah, mercusuar ini terlihat semakin kukuh meskipun sudah ada beberapa bagian yang rapuh.

Hopping Island pulau harapan

Daya tarik lain dari pulau ini adalah wisatawan dapat melakukan hopping island. Hooping island adalah kegiatan menjelajahi pulau-pulau yang ada di sekitar Pulau Harapan dengan menggunakan perahu-perahu kuno. Di pulau-pulau yang dijelajahi, wisatawan juga dapat menikmati keindahan bawah laut dengan menyelam atau sekadar berenang menikmati dinginnya air laut.

Penginapan

Meskipun dahulu pulau ini menjadi pulau kosong dan tidak berpenghuni, saat ini sudah banyak dibangun tempat penginapan berupa resort atau bungalow yang berada di Pulau Pelangi, Pulau Putri Timur, dan Pulau Sepa Barat. Fasilitas dan harga yang ditawarkan oleh resort dan bungalow tersebut beragam. Semakin lengkap dan bagus fasilitas yang ditawarkan, harganya semakin mahal.

Tetapi bagi wisatawan yang ingin menginap di pulau ini dengan budget terbatas, tidak perlu khawatir. Wisatawan dapat menginap di rumah-rumah penduduk di pulau ini, tentunya harus meminta izin terlebih dahulu pada pemilik rumah. Wisatawan dapat memilih ingin menginap di rumah biasa atau di rumah panggung  ala suku Bugis.

Membahas tentang pulau ini memang tidak ada habisnya. Keindahan yang disajikan oleh pulau ini tidak akan dapat diungkapkan dengan kata-kata. Alangkah baiknya jika kita mendatangi dan melihat langsung keindahan pulau ini.

Paket Wisata yang dapat Dipilih

Bagi wisatawan yang berlibur ke pulau ini dengan menggunakan paket wisata yang ditawarkan oleh jasa travel wisata, dapat memilih paket-paket yang sudah disediakan. Paket-paket tersebut banyak macamnya dengan fasilitas dan harga yang beragam. Ada

  • paket Pulau Harapan 2 hari 1 malam
  • paket Pulau Harapan 3 hari 2 malam
  • paket one day trip Pulau Harapan
  • paket Pulau Harapan murah
  • paket open trip Pulau Harapan

Dengan menggunakan paket-paket wisata ini, wisatawan akan mendapatkan berbagai fasilitas, seperti penginapan di resort atau bungalow, transportasi, guide profesional, peralatan snorkeling dan scuba diving, makan, BBQ, akses ke penangkaran penyu sisik, penyu hijau, dan burung elang, serta asuransi jiwa.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, kita dapat mengunjungi https://paradisotraveling.com/. Selain itu, kita juga dapat mencari informasi dan penawaran menarik lainnya. Ayo, segera jadwalkan liburan ke Pulau Harapan!