Wakatobi merupakan salah satu surga dunia yang dimiliki Indonesia. Pulau Wakatobi terletak di provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Wakatobi menjadi destinasi favorit para wisatawan yang memilki hobi snorkling. Keindahan Pulau Wakatobi yang paling utama adalah terletak pada alam bawah lautnya yang menyimpan berbagai biota laut warna-warni. Tidak hanya keindahan alam bawah lautnya, Wakatobi juga menyuguhkan keindahan di setiap sudutnya bagi siapapun yang ingin jauh-jauh berkunjung ke Wakatobi.

Pulau Wangiwangi atau masyarakat setempat menyebutnya dengan pulau wanji merupakan salah satu pulau yang terletak di Provinsi Sulawesi Tenggara yang terkenal dengan keindahan lautnya. Nama Wakatobi sendiri merupakan singkatan dari empat pulau yang terdapat di kepulauan ini, yakni Wangiwangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Pulau wangiwangi merupakan pintu gerbang menuju taman bawah laut yang menyimpan kekayaan alam bawah laut yang mempesona, kaya, dan megah.

Lokasi Pulau Wakatobi

Pulau Wakatobi dimana? Pulau Wakatobi terletak di provinsi Sulawesi Tenggara. Luas daerah Pulau Wakatobi yakni sekitar 823 kilometer persegi. Terdapat empat pulau di kepulauan Wakatobi, yakni Pulau Wangiwangi yang menjadi ibu kota Wakatobi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Pulau Wakatobi menjadi sangat populer sampai ke mancanegara karena keindahan alam bawah lautnya yang tiada tara. Bahkan, spot diving di Pulau Wakatobi menjadi spot snorkling terbesar kedua di Indonesia, dan menjadi lokasi alam bawah laut yang sangat diperhatikan oleh pemerintah, guna mempertahankan keasrian alam bawah laut Wakatobi yang menjadi aset Indonesia.

Fasilitas Pulau Wakatobi

Sebagai objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, Pulau Wakatobi memiliki fasilitas lengkap yang bisa dinikmati oleh wisatawan. Bagi wistawan yang ingin berlibur lama, terdapat penginapan Pulau Wakatobi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Dan Anda juga bisa menyewa alat snorkling maupun diving untuk menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Wakatobi yang menakjubkan.

Fasilitas di Pulau Wakatobi sangat terjaga, mulai dari spot snorkling dan diving yang selalu bersih, serta penginapan yang sangat terawat membuat Anda betah berlama-lama di pulau yang dijadikan sebagai Taman Nasional pada tahun 2010 ini.

Aktivitas Pulau Wakatobi

Untuk menyelam di taman nasional Wakatobi, wisatawan bisa memulainya dari Pulau Wangiwangi. Sobujeti adalah andalannya Wangiwangi. Di sini kita bisa berenang, snorkling, dan bersenang-senang. Spot snorkling yang wajib anda coba di Pulau Wangiwangi adalah Sombu jetty. Spot snorkling tersebut menjadi spot snorkling andalan pulau Wangiwangi. Jaraknya sangat dekat dari kota, yakni hanya 10 sampai 15 menit untuk sampai di spot snorkling Sombu Jetty, bila menggunakan mobil. Spot ini menjadi pemanasan awal bagi wisatawan yang ingin snorkling di Taman Nasional Wakatobi.

Keindahan perairan di Sombu Jetty sangat jernih dan bening seperti kaca. Terumbu karang yang ada di perairan Sombu Jetty Wakatobi ini memilki warna yang cantik, dan sangat terlihat jelas dari daratan. Terumbu karang di spot snorkling Wakatobi satu ini juga sangat terjaga keasliannya dan ikan-ikan kecil yang bergerombol.

Untuk Anda yang belum berpengalaman menyelam, snorkling memang bisa dijadikan sebagai alternatif ketimbang diving bila Anda ingin tetap menikmati keindahan alam di Taman Nasional Wakatobi. Di Sombu Jetty juga wisatawan bisa melakukan free dive. Jangan lupa untuk siapkan fisik dan mental Anda bila ingin mencoba free dive di perairan Wakatobi yang menakjubkan. Melihat indahnya sunset di Sombu Jetty juga menjadi incaran wisatawan yang datang ke spot snorkling ini. Senja di sombu Jetty, Wakatobi, akan terasa sangat romantis saat anda mendatanginya bersama orang tercinta.

Di Wangiwangi, terdapat spot diving yang sangat terkenal karena menjadi pusat berkumpulnya ikan hiu, spot divinng tersebut dinamakan dengan shark spot. Hiu putih dan hiu hitam bisa Anda temukan di spot diving Wakatobi yang satu ini.

Wakatobi dikenal sebagai Pulau yang memiliki keindahan bawah laut yang sangat indah. Jika Anda ingin merasakan keindahan alam bawah laut Pulau Wakatobi, salah satu spot diving yang harus Anda datangi adalah Shark point. Konon, siapapun yang sudah jauh-jauh datang ke spot diving Wakatobi tidak akan pernah menyesal. Nua Shark point terletak di desa Nua, Kecamatan Wangiwangi. Spot diving wakatobi yang satu ini memiliki topologi yang landai, dan kondisi perairannya tidak berarus. Jadi bagi Anda yang ingin merasakan sensasi diving dengan tenang, shark Point, Wakatobi, bisa menjadi pilihan tepat. Beragam biota laut bisa Anda temukan di shark point. Namun yang istimewa tentunya spesies hiu sirip hitam. Di shark point, Anda akan menyelam dengan kedalaman 20-25 m untuk bertemu dengan hiu sirip hitam.

Untuk Anda yang ingin diving di shark point, Wakatobi, waktu terbaik untuk menyelam adalah pagi dan siang, karena di situ keadaan laut shark point sangat tenang. Berbagai jensnis koral mulai dari soft coral hingga hard coral bisa Anda temui di sini.

Wakatobi memang surga penyelaman, Dunia bawah laut yang dimiliki Pulau Wakatobi membuat siapa saja jatuh cinta, bahkan pada detik pertama mereka menginjakkan kaki di Wakatobi. Spot snorkling dan diving yang harus Anda coba di Wakatobi adalah Fan 38 west yang terletak di Pulau Tomia. Spot ini dikenal dengan keindahan coral warna-warni yang memenuhi perairannya. Di sepanjang spot snorkling Fan 38, terdapat dinding koral terjal, dan juga gua-gua kecil. Dihiasi dengan ikan warna-warni dari berbagai spesies. Sesuai dengan namanya, wisatawan akan menemukan coral fan yang berwarna-warni, subur, dan besar. Sepanjang wall dipenuhi dengan soft corang yang sangat cantik.

Menyaksikan secara langsung keindahan alam bawah laut Wakatobi di spot diving fan 38, membuat kita semakin tersadar bahwa Indonesia memilki kekayaan alam yang sungguh menakjubkan. Selain diving, Anda juga bisa snorkling, karena perairan fan 38 yang jernih tidak akan menghalangi pandangan Anda untuk melihat kekayaan alam bawah laut di dasar sana.

Untuk menjaga keindahan alam Wakatobi, terdapat banyak aksi sosial yang dilakukan. Salah satunya adalah acara membersihkan perairan Wakatobi dari sampah-sampah yang terapung.

Jika Anda berkunjung ke Pulau Wakatobi, Anda juga harus mencicipi kuliner khas Pulau Wakatobi yang bisa Anda temui di pasar tradisonal setempat. Anda bisa merasakan makanan khas setempat sambil berinteraksi dengan warga lokal Wakatobi.

Spot lainnya yang harus Anda kunjungi di Pulau Wakatobi adalah Mercusuar yang ada di Pulau Wangiwangi. Tinggi mercusuar tersebut adalah 30 m. Dari atas mercusuar, Anda bisa melihat Pulau Wakatobi secara keseluruhan. Pesona pantai waka, oerkampungan penduduk, dan sejumlah resort yang tersebar di Pulau Wakatobi. ini menjadi objek wisata yang harus Anda datang i di sore hari untuk melihat keindahan sunset di Pulau Wakatobi.

Berlibur di Pulau Wakatobi yang memilki keindahan alam bawah laut yang sangat spektakuler memang impian semua orang. Jangan ragu untuk siapkan budget dan waktu berlibur, dan segeralah pesan Paket wisata Pulau Wakatobi untuk merasakan keindahannya secara langsung.

pulau wakatobi

Tour Reviews

There are no reviews yet.

Leave a Review

Rating